rekaman ala “visual”

Mungkin ada beberapa orang yang merasa kesulitan ketika ingin menghapalkan sesuatu. Bagi yang sudah pernah melakukan test nya (bisa cari di google), untuk mengetahui cara belajar yang paling efektif, apakah itu visual, auditori, maupun kinestetik, maka itulah cara yang memang benar-benar membantu terutama dalam hal menghapal.

Saya merupakan orang yang sangat efektif untuk belajar dengan metode visual. Jadi, dalam belajar, saya harus selalu menulis, menggambar, dan dalam hal menghapal, saya harus membuat rekaman alias video dalam otak saya sekalipun. Hal itu tidaklah sulit bagi yang memang tergolong di kategori visual. Berikut akan saya contohkan cara untuk menghapalkan beberapa nama di bawah ini secara berurutan!

Louis Pasteur, Galileo Galilei, Aristotle, Euclid, Moses, Charles Darwin, Shih Huang Ti, Augutus Caesar, Nicolaus Copernicus, Antonie Laurent.
Ada 10 nama yang akan saya masukkan dalam video buatan saya berikut ini.

Pada suatu sore, saya sedang berjalan-jalan di Jalan Pasteur, dan melihat ada mobil yang memiliki tempelan ikan Louhan melintas di depan saya. (Pasteur, Louhan –> Louis Pasteur). Saat itu pula teringat oleh saya acara Galileo Galilei di TV kemarin yang menceritakan tentang ikan Louhan yang memiliki energi listrik. Haha, saya baru tau bahwa ikan pun punya energi listrik. Mengabaikan acara TV tersebut, saya melanjutkan perjalanan menuju rumah teman saya, Ari, untuk latihan Story Telling sebagai persiapan menghadapi lomba yang akan kami ikuti besok. (Ari, Story telling –> aristotle).

Setibanya di rumah Ari, ternyata langit telah gelap dan ada pemandangan yang sangat bagus di sana, ECLISPE! (eclipse –> euclid). Saya kemudian menggedor pintu rumah Ari. Tak lama muncullah sosok Ari dari balik pintu itu. Ari pun mempersilakan saya untuk masuk. Di sana Ari telah menyiapkan makanan ringan untuk saya, yaitu roti yang ditaburi meses. (meses –> moses). Sambil memakan roti, Ari menunjukkan CD (compact disc) (CD –> Charles Darwin) yang baru ia beli di pinggir jalan, tulisannya ialah, “belajar story telling”.

Saya pun dengan senang hati menyarankan Ari untuk segera memutar CD itu via CD Player. Ketika diputar dan melihat video yang muncul, saya pun mengumpat, “shih, itu sih video tentang uang tilepan“, (shih, uang, tilepan –> shih huang ti) ujar saya sambil melihat video KPK yang berusaha memberantas korupsi di kalangan pejabat. Video itu merupakan video amatiran, yang masih ada tanggal pembuatannya, yakni bulan Agustus. Belum sempat kami matikan video aneh itu, tampilannya pun berubah menjadi video kerajaan dengan banyak kaisar di dalamnya (Agustus, Kaisar –> Augutus Caesar). Hahaha. Saya dan Ari tertawa terbahak-bahak. Ari tampaknya ditipu oleh penjual tempat ia membeli video tersebut.

Setelah itu, video pun dihentikan. Ari pun menunduk, “Nih Cola buat kamu,” kata Ari mengambilnya dari dekat koper. (nih, cola, koper –> Nicholas Copernicus).Tidak hanya roti meses dan cola, Ari kemudian memberikan pula permen pada saya. Karena sudah kekenyangan, saya pun mengantongi all of permen itu. (mengantongi, all permen –> Antonie Lourent). Kami pun berlatih Story Telling tanpa arahan video manapun. Hehe.

Cerita di atas tadi, merupakan cerita yang tergambar mulus sebagai suatu kesatuan video runut dalam otak saya. Untuk menghapalkan nama, kita tidak mesti membuat “film” dengan cerita tentang 10 anak (menggunakan 10 nama di atas), melainkan bisa menggunakan kata-kata yang dapat disamarkan menjadi nama tersebut. Hal ini disebabkan otak kita mampu menangkap serpihan-serpihan kata untuk dibuatnya kembali menjadi kata lain yang juga familiar bagi kita.

Itu caraku, bagaimana caramu?

Have a nice day 😀

Leave a Reply

