18 years lead by innovation

Inovasi itu mengubah dunia. Dengan inovasi, setiap harinya selalu ada hal baru yang muncul di muka bumi, yang akan berkembang, dan ketika ia berkembang dengan baik hingga dikenali oleh seantero jagad, maka inovasi tersebut siap mengubah dunia!

Selama saya menginjak kaki di bumi, udah kurang lebih 18 tahun, hal yang paling cepat perkembangannya dan yang paling inovatif adalah di bidang teknologi.

Kalau diingat-ingat lagi dari kecilnya,teknologi yang kita ketahui saat kecil mungkin Playstation. Playstation saat itu berukuran besar, dan lumayan berat. Grafik dari game nya pun masih kurang bagus (dulu yang segitu udah keren). Nah, makin kesini, playstation menjadi semakin kecil dan ringan, serta lebih baik dari segi grafik. Bahkan sekarang ada yang namanya Nintendo Wii dimana kita udah main seperti di dunia nyata.

Ingat juga kah sama laser disc? Ketika kita mau nonton, kita menggunakan piringan hitam besar, yang dimasukkan ke dalam player nya. Sekarang bahkan kualitas film sudah sampai bluray, dengan CD kecil dan grafik serta sound yang sangat baik.

Beranjak ke sekolah dasar, kita dikenalkan sama yang namanya komputer. Saat itu komputer itu pentium 1, dengan harddisk kecil, dan komputernya pun terbilang besar jika dibandingkan dengan ukuran sekarang (bahkan ada laptop dengan ukuran sangat mini). Inovasi pada komputer ini juga sangat patut diacungkan jempol karena dalam kurun waktu singkat bisa terus mengalami kemajuan.

Biasanya untuk menyimpan data di kompi, kita dulu tuh pake yang namanya DISKET!! atau dikenal juga dengan floppy disk. Itu parah banget pentingnya buat copy data, kerja tugas, dll. Padahal kapasitas nya kecil sekali, hanya dalam skala 1-2 MEGABYTE. Ga kebayang ya kalau dibandingin sama sekarang, ada flashdisk yang udah sampe 32 GB (next will be 64GB and 1TB).

Nah, yang deket sama komputer adalah internet. Masih ingat ketika saya SD kelas 5, saya punya PR dari guru saya. Saya sama sekali bingung harus mencari dimana jawabannya, sebab tidak ada di buku. Tiba-tiba, papa saya  mengajari saya menggunakan internet. GOOGLE situs yang pertama kali diajarkan. Di situ saya mengetik soal PR saya. Dan akhirnya saya menemukan jawabannya via technology which is the innovative one, internet.

Satu lagi teknologi yang terus berkembang dan sangat dirasakan manfaatnya, yaitu perkembangan alat komunikasi genggam, alias telpon seluler (HP). Diawali HP yang masih menggunakan antena, kemudian HP monokrom dengan layar hitam putih yang populer dengan game snake nya, dilanjut HP yang mulai berwarna, memiliki kamera, hingga saat ini ada Operating System Android, Iphone, dsb, HP sekarang udah canggih dari segi kamera (bisa 3D), kapasitas (hingga 32GB), processor, dan lainnya.

Nah, in 18 years lead by innovation in those technology, the most important innovation dalam hidup saya ialah Internet dan HP.

Sebab, kedua hal itu sangat membantu saya dalam daily activity. So, what about you guys? 🙂

Leave a Reply

