perusahaan kreatif, tak mesti produk baru

Masa kini, kalau ditanya perusahaan apa yang paling kreatif, mungkin most of people akan menjawab Apple.

Oke, saya akui perusahaan Apple memang kreatif, tapi saya sangat tertarik pula pada perusahaan yang tidak sekedar dikatakan kreatif karena new invention (penemuan terbaru) nya dalam membuat sebuah produk. Misalnya Apple itu kan terkenal saat ia membuat iPod, dan itu merupakan gadget baru yang belum pernah ada sebelumnya. Akan tetapi, menurut saya dalam hal “produk baru”, tidak hanya Apple yang melakukannya. Perusahaan-perusahaan mobil pun, seperti Mercy, juga menciptakan produk baru yg inovatif. Ia kreatif karena mampu menciptakan mobil mungil yang diberi nama SMART.

Jadi pada kesempatan menulis kali ini, saya ingin memaparkan saja bahwa perusahaan yang kreatif tak selamanya hanya yang membuat produk baru saja. Contohnya ialah ACE HARDWARE.

Saya sangat terpesona, terkesima, terpana, terjatuh dan ter-lainnyaaa pada perusahaan yang satu ini. Perusahaan yang kekreatifannya sangat oke. Segi kreatif yang saya tangkap dari perusahaan ini yang pertama ialah LENGKAP. Ia menyediakan hampir semua kebutuhan rumah tangga. Jarang sekali kita temui perusahaan yang mau melakukan ini, perusahaan cenderung fokus pada satu atau beberapa bidang saja.

Hal kedua yang dimiliki ialah barang yang BERKUALITAS dan LIMITED. Semua barang disana memang mungkin bukan merupakan produk baru keluaran Ace Hardware itu sendiri, namun, barang yang dijual di sana ialah barang yang berkualitas tinggi dan memang Oke! Hampir semua barangnya pun tidak dapat kita temukan di tempat lain!

Ace Hardware punya gaya pemikiran baru yang kreatif dalam mengembangkan perusahaannya. Hanya dengan mengumpulkan barang-barang yang unik, limited (pada umumnya hanya bisa ditemui di Ace Hardware), berkualitas tinggi, dan lengkap, membuat pelanggan cukup mendatangi store nya saja. Bahkan saya sering kali pergi ke Ace Hardware dan membeli barang-barang yang tidak terlalu saya butuhkan.

Ace Hardware, Luar Biasa!

Itu kalimat yang terlontar dari mulut saya untuk perusahaan yang sangat kreatif ini 😀 sangat saya kagumi semenjak pertama kali menginjakkan kaki di sanaa. hehehe.

I hope one day I can create a company which is a creative one, actually beside creativity of invent new product 🙂

Leave a Reply

