berKARYAlah !!

sewaktu SMA dulu, saya tergabung dalam komunitas mading sekolah, MATA 17 (mading ta’ SMA 17).

mading alias majalah dinding adalah karya yang diciptakan oleh orang-orang kreatif, pikir saya. Saya bergabung disana karena saya senang dengan kegiatan mading, kegiatan menulis (my hobby), kegiatan menghias, hingga kegiatan menempel sekalipun.

saya tidak pernah merasa diri saya kreatif. Akan tetapi, melalui diskusi dan bekerja bersama teman-teman yang kreatif, pasti bisa menjadi orang kreatif juga, sugesti saya.

Menjalani kehidupan sebagai anggota mading, ternyata tugas saya dititikberatkan pada satu bidang saja, CERPEN. Ya, cerita pendek. Saya suka menulis. Saya suka mengarang cerita. Dan lahirlah beberapa karya cerpen yang amatiran. Akan tetapi disitulah karya saya dipampang di depan khalayak dan saya sangat senang dengan itu.

Dalam membuat cerpen itu sendiri, ada keunikan yang entah mengapa seperti itu. Jadi, kalau menulis cerpen, saya harus membuatnya di kertas. Tidak bisa di komputer. Bukan tidak bisa karena tidak bisa mengoperasikannya, melainkan karena ideku seakan tak mengucur ketika menulis di komputer.

Alasan possible pertama, mungkin dikarenakan kebiasaan. Kebiasaan membuat cerpen di buku tulis.

Alasan yang memungkinkan kedua, dikarenakan sugesti bahwa hanya bisa menulis di kertas.

Alasan ketiga, alasan sok ilmiah dan sok logis nih ceritanya, dikarenakan saat menulis di kertas, kepala kita kan agak ditundukkan. Dengan demikian ada aliran darah ke otak yang lebih banyak ketimbang saat mengetik di komputer. Saat mengetik di komputer, kepala tegak dengan badan, sehingga peredaran darah lebih luas dan bisa saja saat itu aliran darah ke otak hanya sedikit.

Yaa itu alasan yang kubuat sendiri sebab tidak tahu pasti mengapa. hehe…
Intinya, dalam berkarya, kita harus mencari wadah yang tepat untuk menyalurkan bakat dan minat kita, lalu ketika kita menciptakan karya tersebut, lakukan dalam berbagai cara, dan temukan cara ternyaman kita šŸ™‚

Leave a Reply

